Jumat, 27 Februari 2015

Membuat Aplikasi Hello World di Android

Setiap programmer pasti tahu apa itu Aplikasi “Hello World”. Secara teknis aplikasi Hello World ini sebetulnya memiliki fungsi untuk menguji apakah IDE yang telah kita install itu berjalan dengan baik atau tidak. Karena tujuannya hanya untuk menguji, tentu aplikasi ini sangatlah sederhana. Pada saat di running, Aplikasi ini hanya akan menampilkan kata “Hello World”. Meskipun begitu sederhana, tapi setiap anda belajar satu bahasa pemrograman yang baru sebaiknya anda memulai dengan membuat aplikasi “Hello World”. Dengan demikian anda bisa memastikan bahwa setiap software pendukung untuk proses pembuatan Aplikasi Android telah terinstall dengan baik.
Sebelum mengikuti tutorial ini, ada baiknya anda juga pelajari terlebih dahulu tentang cara memulai  membuat aplikasi berbasis android.

Tutorial Membuat Aplikasi Hello World di Android

IDE : Eclipse Juno+ADT
Target SDK : Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Tingkat Kesulitan : Mudah

1. Buat Project Baru

Untuk memulai membuat aplikasi Android silakan anda pilih menu file – new – android application project
file new android application
Pada tajap selanjutnya silakan klik isi informasi yang dibutuhkan seperti berikut ini.
Application Name : HelloAndroid
Project Name : HelloAndroid
Package Name : net.belajarandroid.helloworld
Untuk informasi lainnya yang harus diisi, silakan merujuk pada gambar berikut ini
configure project
Penjelasan dari masing-masing informasi yang harus diisi pada form tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Application Name, harus diisi oleh nama dari aplikasi yang akan dibuat.
  2. Project Name, project name harus diisi oleh nama project dari aplikasi tersebut. Ketentuan dari nama project diantaranya yaitu huruf awalnya disarankan untuk menggunakan huruf kapital, serta tidak boleh ada spasi. Angka diperbolehkan untuk dimasukan pada Project Name, namun tidak boleh diawal nama melainkan harus diakhir nama project. Contoh nama yang diperbolehkan: HelloAndroid2
  3. Package Name, Dalam aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa Java, biasanya dikenal istilah Package. Package tersebut merupakan cara terbaik untuk mengelompokan sumber-sumber kode program yang sejenis. Misal, kode program yang digunakan untuk perintah logic dikumpulkan dalam package name dengan nama “net.belajarandroid.model”, sedangkan kode program untuk view atau tampilan menggunakan nama “net.belajarandroid.view”. Titik (.) pada package name nantinya akan menjadi struktur folder baru pada penyimpanan kode pogram Java.  Contoh ketika anda membuat package name dengan nama “net.belajarandroid.helloworld” nanti akan terbentuk sebuah folder baru dengan hirarki “src/net/belajarandroid/helloworld”.
Langkah selanjutnya berupa pilihan apakah anda akan membuat custom launcher icon, membuat activity baru, mark this project as library (nyatakan proyek ini sebagai library), serta menentukan tempat penyimpanan kode sumber (work place).
Kali ini, kami melakukan settingan untuk membuat activity baru, namun tidak mengatur costum launcher icon, mark as library tentu tidak kami pilih karena kami bukan ingin membuat library, selain itu work place atau tempat penyimpanan kode sumber pun kami biarkan seperti default.
Sehingga, untuk form tersebut kami isi seperti berikut.
Pengaturan di Configure Project
Jika sudah selesai mengisi form tersebut, selanjutnya klik tombol Next. Karena pada tahap sebelumnya kita telah memrintahkan Eclipse untuk membuatkan Activity secara otomatis maka pada tahap selanjutnya kita diharuskan untuk memilih Activity mana yang akan digunakan.
Untuk Totorial kali ini silakan pilih saja Empty Activity, kemudian klik Next.
Pilih Empty Activity

Tahap selanjutnya berikan nama terhadap Activity yang tadi dibuat.
Beri nama terhadap activity yang dibuat


Selesai sudah serangkaian pengaturan awal untuk membuat aplikasi berbasis android. Langkah-langkah yang telah dilakukan pada tahap kali ini harus anda lakukan kembali ketika akan membuat project Android baru.

2. Running Aplikasi

Ok, karena proses pembuatan Aplikasi Hello World ini telah selesai langkah selanjutnya tentu saja menjalankan Aplikasi yang telah dibuat. Langkah yang perlu Anda lakukan sangatlah mudah.
Klik kanan nama project yang telah kita buat di project explorer  –  Run As  –  Android Application
Jika setiapproses berjalan dengan lancar maka akan muncul tampilan berikut pada emulator android anda.
hasil akhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar