Jumat, 27 Februari 2015

Cara Membuat Project Aplikasi Android Dengan Eclipse (JAVA) + Android SDK Tools Bagian 1

Sobat sekalian sudah pernah membuat aplikasi android? atau barangkali ingin mencoba membuat aplikasi android? penulis akan coba membantu sobat membuat aplikasi android dengan menggunakan IDE eclipse.
Sebenarnya ada banyak tools untuk membuat aplikasi android diantaranya android studio, eclipse, dll. Dalam artikel ini penulis menggunakan IDE Eclipse Luna dan Android SDK tools 22.xx. Bagi sobat yang menguasai bahasa pemrograman JAVA dan sudah pernah menggunakan Eclipse tentunya akan mudah untuk membuat aplikasi android. Tetapi bagi yang belum pernah, penulis jelaskan cara membuat aplikasi android menggunakan Eclipse. Berikut langkah-langkah dalam membuat aplikasi android :

1. Buka Eclipse, lalu pilih menu file, new, android application project.





2. Isi nama project yang sobat inginkan diawali dengan huruf besar (Capitalized), isi minimum target, target sdk, compile with dan theme sesuai dengan versi android  yang sobat inginkan. Kemudian klik next.
3. Centang pilihan Create Activity (penting untuk dipelajari, karena kebanyakan aplikasi android berbasis Activity).  Kemudian klik next.
4. Kemudian akan muncul tampilan untuk memilih icon, pakai saja default icon (logo android), sobat bisa menggantinya nanti. Klik next.
5. Kemudian akan tampil pilihan activity, sobat bisa pilih blank activity untuk belajar. Klik next.
6. Beri nama pada activity yang dibuat, untuk default adalah MainActivity, dan untuk tampilan atau form adalah activity_main. Klik finish, selamat sobat telah membuat sebuah project aplikasi android.
7. Project sobat akan terlihat di package explorer seperti gambar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar